Waktu Terbaik Mengisi Bahan Bakar

Mix and Much - Pasti kita tidak asing dengan yang namanya mengisi bahan bakar kendaraan bermotor karena saat ini kendaraan bermotor merupakan sarana andalan untuk melakukan banyak aktivitas sehari-hari.

Tetapi tahukah kapan waktu terbaik untuk mengisi bahan bakaritu? Karena mungkin saja kita berpikir kapanpun membeli bahan bakar kendaraan itu sama saja, harganya dan literannya.

Tetapi ternyata tidak begitu, karena bahan bakar kendaraan yang berupa bensin atau solar dengan berbagai macam jenisnya itu dapat dicari waktu terbaiknya.

Waktu terbaik untuk membeli bahan bakar kendaraan adalah pagi buta atau lewat tengah malam, sekitar pukul 02.30 pagi. Kenapa begitu? Karena ternyata pada saat itu tidak ada lagi panas yang tersimpan dalam tanah dimana semua stasiun pengisian bahan bakar menimbun bahan bakar yang mereka jual dalam suatu tangki yang terpendam didalam tanah.

Pada pagi buta, kondisi bahan bakar lebih bersih dibanding pada waktu-waktu lainnya, sehingga  kualitas bahan bakar tersebut menjadi lebih baik yang berpengaruh positiv pula pada mesin kendaraan kita.

Apabila kita mengisi bahan bakar pada sedang terik dan suhu bumi tinggi, akibat panas dari matahari, akan terjadi aliran konveksi pada deposit bahan bakar di dalam tangki penyimpanannya.

Konveksi adalah perpindahan panas melalui zat cair, dalam hal ini zat cairnya bensin atau solar, perpindahan panas ini seperti air mendidih dalam panci. Jika dalam air itu terdapat zat padat atau suatu endapan, maka endapan-endapan itu akan melayang-layang dan berputar-putar mengikuti perputaran panas dalam panci.

Dalam bahan bakar yang kita beli juga juga terdapat endapan-endapan seperti itu. Jadi, ketika kita membelinya pada siang hari, kotoran-kotoran yang mengendap itu kemungkinan besar akan ikut tersedot mesin pengisi BBM.

Sebaiknya hindari juga membeli bahan bakar saat SPBU sedang melakukan pengisian deposit. Hal yang sama juga terjadi saat pengisian deposit bahan bakar di SPBU, karena pada saat itu endapan-endapan dalam tangki penimbunan di SPBU juga akan melayang-layang sehingga endapan-endapan dalam tangki penyimpanan tersebut juga akan tersedot mesin pengisi BBM dan masuk ke tangki kendaraan kita.

Selain kedua hal tersebut, ketika kita membeli bahan bakar saat suhu rendah maka tingkat densitas ( kerapatan atau kepadatan suatu zat ) bahan bakar akan lebih tinggi.

Jika kita membeli bahan bakar pada siang hari, bahan bakar dalam kondisi memuai akibat panas, artinya kerapatan atau densitasnya rendah. Dengan membelinya pada suhu dingin, kita mendapat volume yang lebih besar dibanding jika kita membelinya pada waktu suhu panas karena bahan bakar yang kita beli akan memuai pada suhu panas.

0 comments:

Silahkan meninggalkan jejak kamu dibawah ini :