Tips Merawat Kulit Tetap Sehat dan Segar


Mix and Much - Malu deh ya kalau sampai ke-gep kulit kita kusam, kusut, berdebu dan bersisik. Tentunya kita harus rajin merawat dan tahu bagaimana cara untuk menjaga kesehatan kulit kita.

Ternyata untuk merawat kulit itu tidak cuma dari luar loh, tapi juga dari dalam. Berikut ini  tipsnya bagi yang mau sayang kulit :)

1. Rajin Mandi
Ini nih, syarat utama biar kulit kamu sehat, bersih, dan terawat. Rajin mandi minimal dua kali sehari, biar kuman dan kotoran nggak nempel lama-lama di tubuh. Gosok bagian lipatan-lipatan dengan seksama ya, misalnya di ketiak, gosok keras biar nggak ada sisa deodoran menempel.

2. Banyak Minum Air Putih


Banyak minum berarti mengeluarkan racun dalam tubuh. Kulit jadi nggak kering dan kusam. Mohon untuk diingat ya, karena ini sangat sederhana :)

3. Tidur dan Olahraga


Kurang tidur ternyata nggak cuma bikin mata kita seperti mata panda, tapi juga bikin kulit kusam dan tampak nggak fresh. Kurang olahraga juga bikin kulit kita lebih cepat kendur. Ugh, it’s a big big no!

4. Perlakukan Kulit dengan Lembut
Nggak cuma dengan orang lain ya, kita harus berlaku lembut, sama kulit juga. Misalnya, jangan menggosok atau menggaruk kulit terlalu kasar.

5. Apel, Pear, Madu

Percaya deh, banyak makan sayur dan buah bakal ngaruh banget bikin kulit jadi fresh. Pilih buah yang banyak mengandung antioksidan seperti apel atau pear. Oh iya, madu juga bagus untuk kulit, loh. Ssst, hati-hati juga sama makanan yang berpotensi bikin alergi, kayak ikan tongkol, udang, kepiting dan lain-lain, ya.

6. Body Lotion Sesuai Jenis Kulit


Nah, ini nih yang kadang kurang diperhatiin, yaitu memilih body lotion yang sesuai dengan jenis kulit. Kalau kulit normal, bisa pakai body lotion apapun. Tapi kalau kulit kamu termasuk kering, pilih deh body lotion atau crème yang kaya akan moisturizer, susu, dan vitamin E, supaya kulit lamu lembab.

7. Pakai Body Lotion Langsung Setiap Habis Mandi

Setelah mandi pagi buat berangkat sekolah, luangkan waktu yang cukup buat bersiap-siap ya. Pakai body lotion sekitar 10-15 menit setelah mandi, di saat kulit masih cukup lembab dan bisa menyerap nutrisi dari lotion dengan maksimal. Body lotion berfungsi menahan air di kulit biar nggak cepat menguap. Dan kalau akan berpanas-panasan, jangan malas pakai sunblock, ya.

8. Pakai Lotion di Seluruh Tubuh, Terlihat dan Nggak Terlihat
Banyak nih yang masih rutin pakai lotion-nya cuma di bagian yang biasanya terlihat saja, kayak tangan dan betis. Padahal kulit bagian dalam kan juga musti lembut, terawat dan nggak kusam. Jadi jangan lupakan bagian paha, punggung, dan perut, ya.

9. Scrubbing
Sekitar satu atau dua minggu sekali, lakukan luluran atau scrubbing, untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Pijatan saat scrubbing juga bikin peredaran darah lancar dan rileks.

Meski menyenangkan, jangan terlalu sering luluran atau scrubbing ya, Karena kandungan dalam scrub bisa bikin kulit kita jadi kering. Dua minggu sekali, sudah cukup kok.

10. Gunakan Olive Oil

Sesekali bagus juga kok pakai olive oil sebagai pengganti body lotion. olive oil dikenal manjur melembabkan kulit karena kandungan vitamin E-nya. Olive oil ini juga bisa kamu campur ke lulur atau scrub kamu, loh.

Nah, pastinya sudah paham kan? Mungkin tidak harus semua dilaksanakan, tetapi paling tidak kita tahu mana yang saat ini kita perlukan.

1 comment:

Silahkan meninggalkan jejak kamu dibawah ini :