Tips Merawat Softlens - Lensa Kontak


Mix and Much -Belakangan banyak orang yang suka menggunakan soft lens atau lensa kontak daripada kacamata. Tak jarang pula kita bisa memperoleh lensa kontak tersebut dalam berbagai model dan corak warna yang lebih stylish

Apapun alasannya dalam memutuskan untuk menggunakan lensa kontak, kita harus memahami cara untuk merawatnya. Coba baca tips berikut ini dalam merawat lensa kontak.

1. Tangan dan kotak lensa, harus benar-benar bersih. Cuci tangan dengan sabun, dan pastikan tidak ada sisa sabun atau minyak di telapak tangan.

2. Sebelum digunakan, bilas dua kali masing-masing sisi lensa dengan cairan pembersih.

3. Jika kita sudah melepaskan contact lens
dari mata, sebelum disimpan, bilas dulu dengan cairan pembersih, agar kotoran, minyak, tidak menempel waktu disimpan.

4. Inget, tiap mau tidur, copot dulu contact lens-nya.
Kalau tidak, pada saat bangun nanti, contact lens malah menempel pada mata kita. Parahnya lagi, mata bisa merah dan bengkak. Nah, pastinya gak mau begitu kan?5.

5. Kalau membilas, mencopot, atau memegang contact lens,
lakukan dengan lembut, soalnya softlens ini tipis banget dan sensitif, bisa-bisa jadi robek atau tergores. Kalau sudah cacat sedikit saja, harus beli baru lagi. Sayang, kan mending uangnya buat beli smartphone!

6. Jika baru pertama kali pakai atau mata kamu sensitif,
pilih yang kadar airnya tinggi. Tapi lensa yang kadar airnya tinggi, biasanya untuk jangka pemakaiannya hanya sebentar saja. Ada yang harian, satu bulanan, atau tiga bulanan. Beda dengan contact lens untuk jangka waktu setahun, biasanya kadar airnya sedikit.

7. Pemakaian contact lens dengan kadar air yang sedikit
, bila sering terkena AC atau polusi asap, bisa membuat mata terasa cepat kering. Jangan lupa selalu bawa cairan tetes mata yang khusus buat contact lens. Beda lho dengan tetes mata biasa. Jika terasa mengganjal, copot dan bersihkan dulu. Jangan memaksakan diri, jika sudah pedas, merah, gatal, dan kita paksain untuk terus dipakai... wah, bisa jadi penyakit tuh!

8. Ingin memakai make up mata?
Boleh saja. But, hati-hati ya. Jangan buru-buru, seka dengan halus, jangan kasar. Jika salah poles atau menghapusnya, contact lens di mata kamu bisa bergeser, robek, atau malah membuat mata kamu tergores.

9. Agar aman, bila keluar rumah, kita gunakan kacamata sebagai pelindung, agar tidak ada debu yang langsung nyelonong ke mata.

10. Biar gaya kita sukses and nggak malu-maluin
, lebih baik kamu cocokin warna contact lens-nya dengan warna kulit dan rambut kamu. Jangan sampai dianggap “mendadak bule”.

11. Ingat kadaluarsa contact lens.
Jangan karena sayang, kamu pakai terus. Ntar bisa infeksi, dan biaya dokternya lebih mahal dari harga contact lens baru, loh!

0 comments:

Silahkan meninggalkan jejak kamu dibawah ini :