Resep Mengurangi - Menyembuhkan Penyakit Lupa


Mix and Much -Kalau sekali dua kali kita kelupaan mungkin itu adalah sesuatu yang wajar. Tetapi harap diperhatikan jika kita terlalu sering lupa dengan apa yang harus kita kerjakan, dengan janji yang kita buat atau bahkan dengan apa yang telah kita rencanakan.

Apabila kita sadar sedang mengalami hal tersebut, segeralah koreksi diri kita dan kemudian cari jalan keluarnya supaya ingatan kita kembali pulih dan tidak merugikan diri kita ataupun orang lain ketika kita lupa akan sesuatu yang juga melibatkan orang lain.

Cobalah sedikit resep berikut untuk mengurangi penyakit lupa kita :

Bikin Reminder
 Untuk menghindari lupa hal-hal yang penting seperti jadwal ujian, meeting atau tanggal-tanggal penting lainnya, gunakan sistem reminder. Manfaatkan hanphone kita sebagai asisten elektronik yang siap sedia untuk mengingatkan kita akan agenda-agenda yang kita miliki.

Buat catatan di Leave Notes
Dengan bantuan post it,  kertas kuning dengan satu sisinya ada perekat ringan tuliskan pesanmu disana, dan tempatkan di tempat yang sering kita lewati,  misalnya di kaca kamar lemari  atau meja rias, di meja belajar atau bahkan di mobil.

Untuk lebih memberikan nuansa yang menarik, kita bisa menggunakan spidol warna dan dengan membuat gaya tulisan yang menarik juga karakter tertentu.

Minta Diingatkan
Gak ada salahnya kita meminta orang-orang terdekat untuk  mengingat hal-hal penting.  Tapi ini hanya berlaku untuk hal-hal yang penting, karena jika terlalu bergantung pada orang itu, nanti pas orang itu tidak ada kita bisa kelimpungan.

Woles
Kadang lupa itu terjadi karena kita terburu-buru, kalau kita sedang tergesa-gesa dan panik, ambil nafas lalu duduk sejenak.   Baru deh pikirkan dengan baik apa yang harus diingat.  Urutkan semua item yang harus diingat seperti checklist di kepala. Kalau perlu gunakan bantuan pulpen dan kertas.

Night To Do List
Bila merasa pelupa berat (Atau pernah di-complain karena sering lupa) biasakan untuk membuat to do list untuk hari besok dari malam sebelumnya. Idealnya sebelum tidur, karena pada saat itu, kita sudah relaks dan tenang. Jadi kita bisa berfikir dan merencanakan jelas apa yang harus kita kerjakan esok.

Perhatikan Brain Food

Makanlah wortel mentah dan buah-buahan segar untuk menutrisi otak kita agar kita tidak gampang lupa. Gula alam yang terkandung dalam buah-buahan bisa membantu kita untuk berpikir dan mengingat kembali segala hal dengan lebih cepat.

Berolahraga
Olahraga memang banyak manfaatnya. Olahraga seperti berenang, jalan kaki dan sepeda dapat memompa oksigen ke dalam otot dan meningkatkan aliran darah dalam otak. Semakin lancar aliran darah dalam otak kita, semakin maksimal otak kita bekarja untuk mengingat.

Bersosialisasi
Kita perlu kegiatan yang terus melatih otak agar tidak jadi lemah dalam mengingat. Membaca, mengerjakan teka teki silang atau menekuni hobi baru atau belajar bahasa asing akan bisa membantu kita untuk menajamkan memori kita. Jauhi alcohol, karena bisa melemahkan fungsi otak.

Bergaul

Orang yang memiliki pergaulan luas biasanya orang itu jadi lebih tajam dalam mengingat, jadi banyak-banyaklah bersosialisasi dan berteman.

0 comments:

Silahkan meninggalkan jejak kamu dibawah ini :