Ini Yang Perlu Diketahui Dalam Menghadapi Musim Hujan


Mix and Much - Sekarang hampir seluruh wilayah Indonesia telah memasuki musum penghujan. Untuk menghadapi musim penghujan tersebut, kita memiliki kewajiban untuk selalu siap siaga dalam melalui musim tersebut hingga hal-hal terburuk seperti bencana.

Siapa sih yang pengen dapat musibah gara-gara hujan yang turun deras? Pastinya gak ada,  tapi yang namanya bencana alam itu kan tidak bisa dihindari.

Untuk menjalani hari-hari dimusim hujan, cobalah ikuti tips berikut ini :

Menghindari Banjir:

1. Yang pertama wajib dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah, salah satu caranya dengan membersihkan saluran air dari sampah yang menghambat, biar nggak ada saluran yang tersumbat.

2. Ajak semua warga bergotong royong untuk membersihkan sampah dan memperlebar saluran air. Hal ini bertujuan untuk memperlancar aliran air biar nggak cepat meluap.

3. Yang ini untuk menghindari kita dari penyakit demam berdarah, coba deh lakukan 3 M, yaitu dengan menutup tampungan air, menguras bak mandi, dan terakhir menimbun tumpukan sampah, biar nggak ada jentik nyamuk yang bersarang.

Terkena Banjir:
1. Hal utama yang dilakukan adalah berusaha agar tidak panik, selamatkan seluruh anggota keluarga, terutama adik kecil dan juga nenek atau kakek yang sudah renta.

2. Selanjutnya, coba selamatkan barang yang bisa diselamatkan tapi tetap utamakan keselamatan kita juga, jangan sampai mengorbankan nyawa demi menyelamatkan barang tersebut.

3. Matikan peralatan listrik dan cabut semua kabel yang ada, untuk menghindari tersambarnya aliran listrik saat banjir tiba.
Ikut terlibat dalam mendirikan posko bantuan banjir dan menolong warga lain yang membutuhkan bantuan.

4. Jaga kesehatan dengan selalu menggunakan air bersih, dan hindari genangan banjir yang penuh dengan kuman dan kotoran.

Bersih-bersih sisa banjir

Tips Setelah Banjir:


1. Bersihkan seluruh bagian rumah dari kotoran sisa banjir dan jangan sampai ada bagian yang tersisa. Jangan lupa menjemur kasur, kursi, karpet, dan bahan lain yan terbuat dari kain. Kalau dibiarin terlalu lama lembab, bakal menyebabkan timbulnya jamur yang ngebikin kita jadi terkena penyakit.

2. Periksa kesehatan ke puskesmas atau rumah sakit terdekat, biar kita nggak gampang terkena penyakit saat banjir. Periksa seluruh alat elektronik yang terkena genangan banjir, jangan sampai peralatan listrik itu basah, soalnya bisa bikin konsleting pada listrik.


3. Jaga Kondisi Tubuh
Untuk menjaga kondisi tubuh kita dalam keadaan sehat, berikut ada sedikit tips yang bisa dilakukan :

1. Siap-siap payung atau jas hujan, karena hujan bisa turun kapan aja. Bisa sekarang, bisa nanti. apalagi di musim kayak gini. Pastinya kita nggak mau dong kejebak di sekolah, atau lari-lari nyari tempat berteduh? Makanya, bawa selalu payung atau jas hujan, biar kita nggak perlu khawatir kalau kejebak hujan deras.
2. Jangan terlalu sering keluar rumah. Di musim hujan, cuaca sangat susah diprediksi. Awalnya sih sangat bersahabat, tapi tiba-tiba langit mendung. Biarpun lagi nggak hujan usahakann jangan terlalu sering keluar rumah kalau memang tidak perlu, karena udara di musim kayak gini juga kurang bagus buat kesehatan.
3. Minum multivitamin. Biar badan nggak nge-drop, cobalah untuk secara rutin minum multivitamin. Di musim ini kita bener-bener butuh vitamin, khususnya Vitamin C.
4. Pakai baju hangat.  Untuk menjaga suhu tubuh tetap normal, sebaiknya kita sering memakai baju  hangat ataupun jaket atau sweater karena semakin sering kita terkena udara dingin, bisa menyebabkan kondisi badan jadi lemah dan mudah sakit.
5. Pakai selimut tebal. Saat kita tidur jangan lupa untuk memaakai selimut, karena selain bisa memberikan kehangatan, selimut juga bisa melindungi tubuh kita dari gangguan serangga malam saat kita tertidur.

0 comments:

Silahkan meninggalkan jejak kamu dibawah ini :