Hilangkan Ketombe Dikepala Yuk!

Mix and Much -Jangan pernah berkata kamu punya rambut keren dengan model rambut terkini jika disana masih terdapat banyak ketombe.

Iya bener ketombe, gak usahlah ngomongin kutu dulu yah :) Siapa sih yang mau berketombe? Gak usah dijawab deh, karena udah ketahuan juga jawabannya.

Nah yang jadi masalah biasanya adalah bagaimana caranya untuk menghilangkan atau minimal mengurangi kadar ketombe dikepala.

Coba simak yang berikut ini, karena bisa jadi salah satu hal yang bisa kamu tiru untuk mengatasi ketombe :
  • Teratur keramas. Kalau kita membersihkan kepala secara regular, kulit-kulit mati nggak akan sempat menumpuk, yang bisa menjadi ketombe.
  • Peras tiga buah jeruk nipis, lalu gosokkan air perasannya pada kulit kepala. Biarkan selama 25 menit, lalu keramas. Ulangi dua sampai tiga kali, maka ketombe pun akan lenyap.
  • Menggunakan santan kelapa sebanyak 100 ml, air buah jeruk purut 100 ml, dan air buah nanas 100 ml. Campur semua bahan. Gunakan ramuan ini untuk membasahi kulit kepala sehabis keramas. Tapi hati-hati, bila pada kulit kepala terdapat luka, olesan ramuan ini akan menimbulkan rasa perih.
  • Siapkan 3-4 siung bawang merah, kupas kulitnya, lalu diparut atau tumbuk sampai halus. Oleskan ramuan bawang merah pada bagian kulit kepala sambil digosok-gosok perlahan selama lima menit. Bilas rambut dengan air hangat sampai bersih. Lakukan perawatan ini satu kali seminggu.
  • Siapkan tujuh lembar daun pandan segar. Cuci bersih, lalu giling sampai halus. Tambahkan setengah cangkir air bersih sambil diremas-remas hingga merata. Peras dan saring. Oleskan air perasan daun pandan ini ke kulit kepala yang berketombe. Biarkan sampai mengering. Lakukan setiap hari sampai sembuh.
  • Sediakan kemiri secukupnya. Tumbuk sampai halus, lalu gongseng hingga mengeluarkan minyak. Gosokkan minyak kemiri ke kulit kepala hingga meresap sampai ke pori-pori, lalu bilas rambut dengan air bersih. Lakukan sebanyak tiga kali seminggu.
  • Gatalnya ketombe juga bisa diatasi dengan menggunakan daun kecubung segar. Cuci 2-3 lembar daun kecubung segar, tumbuk sampai halus, lalu gosokkan pada kulit kepala yang berketombe. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih.
Nah gimana? penasaran? coba aja dipraktekkan :)

0 comments:

Silahkan meninggalkan jejak kamu dibawah ini :