Makanan Nikmat Ini Wajib Dihindari


Mix and Much - Hampir sebagian besar orang menyukai junk food ini, karena enak dan tidak butuh waktu lama untuk bisa dinikmati.

Junk food? Apa itu yang dimaksud junk food? Junk food itu merupakan istilah yang mendeskripsikan makanan yang tidak sehat atau memiliki sedikit kandungan nutrisi.

Junk food diambil dari kata slang yang berarti makanan dengan kandungan nutrisi rendah, seperti snack yang diberi tambahan garam, permen karet, dessert yang manis, burger, fried chicken, dan minuman bersoda. Biasanya junk food mengandung kadar garam, gula, lemak atau kalori yang tinggi, tapi nutrisinya (vitamin, mineral, dan serat) rendah.

Makanan jenis ini biasanya mengandung jumlah lemak yang besar. Termasuk disini adalah jenis makanan cepat saji seperti hamburger, kentang goreng dari McDonald's, KFC dan Pizza Hut dan sejenisnya

Bagi yang memiliki kadar asam urat yang tinggi, disarankan untuk menghindari jenis-jenis makanan tersebut karena penyebab asam urat yang utama berasal dari makanan nirnutrisi.

Ngomong-ngomong,  jenis makanan yang biasa disebut makanan siap saji ini banyak efek samping yang ditimbulkannya, seperti kandungan gula dalam junk food bisa merusak gigi dan menyebabkan terjadinya kavitas (gigi berlubang).

Terlalu sering makan makanan yang banyak gula bikin kadar insulin dalam tubuh tidak stabil dan memicu terjadinya penyakit diabetes melitus/kencing manis.

Junk food juga menyebabkan terjadinya obesitas (kegemukan), karena nilai kalori yang tinggi, yang akan meningkatkan resiko terjadinya penyakit :

  • diabetes melitus
  • jantung
  • pembuluh darah
  • stroke
  • dan menyebabkan masalah sosial-psikologis.

Makanan dengan kadar lemak tinggi (terutama lemak jahat yang terdapat dalam junk food) dapat meningkatkan kadar lemak dalam darah, dan meningkatkan resiko untuk terjadinya aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah oleh plak lemak), penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, jantung dan kanker.

Selain itu, karena terlalu banyak garam dapat memicu terjadinya penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Junk food yang mengandung sedikit nutrisi ini akan membuat tubuh kekurangan vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk bisa berfungsi dengan baik, dan akan kekurangan antioksidan untuk melawan resiko penyakit kanker.

Mungkin saja ada hormon antibiotik yang terkandung dalam junk food yang bisa mengganggu keseimbangan kesehatan tubuh, sistem reproduksi, bahkan menyebabkan kanker.

Nah loo.. mau gimana coba?

0 comments:

Silahkan meninggalkan jejak kamu dibawah ini :