Data & Fakta Menarik Motogp Australia 2013

Motogp Australia - reuter
 Mix and Much - Kemarin apabila kita melihat seri motogp Australia yang diselenggarakan di sirkui Philip Island mungkin mendapati fakta-fakta yang tidak biasanya terjadi di motogp.

Apapun itu, pertunjukkan balap motor kemarin adalah sesuatu yang menarik untuk disaksikan. Apa saja yang terjadi di sirkui Philip Island (20/10) kemarin?

1. Pit Stop
Adalah satu hal yang tak lazim ada di motogp yang memang berbeda dengan ajang formula one.

Pit stop tersebut ditengarai untuk menjamin keselamatan para rider berhubung dengan tidak adanya jaminan dari Bridgestone bahwa ban mereka bisa bertahan dilintasan lebih dari 14 lap. Seluruh rider wajib melakukan pitstop untuk mengganti motornya maksimal pada lap 10.

2. Jumlah Lap
Jumlah lap yang biasanya harus diselesaikan rider di Philip Island adalah 27 lap disunat menjadi hanya 19 lap.

3. Mark Marquez Didiskualifikasi
Pimpinan sementara motogp, Mark Marquez harus rela terkena finalti dan tidak mendapatkan nilai sama sekali setelah dinyatakan melanggar aturan pitstop.

Belakangan diketahui bahwa telah terjadi salah pemahaman oleh tim Honda, yang tadinya menyangka tidak masalah mengganti motor setelah lap ke 11, disaat itu, para rider telah mengganti motornya. Ternyata panitia menentukan maksimal pada lap 10 semua rider harus sudah mengganti motornya.

4. Lorenzo Memenangi Seri Australia
Akhirnya Lorenzo berhasi keluar sebagai pemenang di Australia untuk pertama kalinya sekaligus memotong selisih nilainya dengan Marquez menjadi 18 point.

Dengan demikian berarti pula persaingan untuk meraih predikat juara dunia musim 2013 semakin terbuka. Tidak hanya Marquez dan Lorenzo, Dani Pedrosa juga masih mempunyai peluang untuk merebut gelar tersebut diakhir musim yang menyisakan 2 seri lagi di Motegi dan Valencia.

5. Pembalap Indonesia Meraih Point Pertama di Moto2
Selain fakta-fakta tersebut diatas, dalam balapan di Philip Island (20/10) kemarin, salah seorang pembalap Indonesia dikelas Moto2 Doni Tata yang memperkuat Federal Oil Gresini akhirnya mampu menorehkan poin pertamanya.

Satu poin ini juga jadi poin pertama Doni musim ini setelah di 13 seri sebelumnya ia nyaris selalu finis di luar 20 besar dan bahkan tak menuntaskan balapan di Moto2 Italia. Pencapaian terbaiknya hanyalah posisi 19 di Le Mans, Prancis.

0 comments:

Silahkan meninggalkan jejak kamu dibawah ini :